Mahasiswa Pendaftar Polines Naik 5,63 Persen

Semarang, Idola 92.6 FM – Wakil Direktur Bidang Akademik Polines Akhmad Jamaah ST, M.Eng dalam laporannya mengungkapkan, dari tujuh jalur masuk mahasiswa baru jumlah pendaftar jenjang diploma tiga dan sarjana terapan pada lima jurusan dengan 22 program studi (prodi) mencapai 19.985 orang.

Dari jumlah tersebut, yang diterima hanya 1.545 orang. “Terjadi kenaikan pendaftar 1.066 orang atau 5,63 persen dibanding tahun lalu”, ungkapnya.

Kenaikan minat pendaftar mahasiswa baru kini lebih banyak sehingga pada tahun ajaran ini dengan persaingan kursi yang semakin ketat. Kebutuhan industri yang menginginkan tenaga siap kerja dan berkualitas menjadi salah satu alasan tingginya minat melanjutkan studi ke Polines.

Selain jalur reguler, Polines juga menerima mahasiswa baru melalui program Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik), yang merupakan program kerjasama Kemenristekdikti dengan 13 pemerintah daerah di Indonesia. Dalam program ini Polines menerima mahasiswa baru sebanyak 19 orang.

“Tahun ini sebanyak 60 mahasiswa baru memenuhi syarat sebagai penerima bantuan biaya pendidikan Bidikmisi,” jelas Akhmad.

Sementara itu dalam penerimaan mahasiswa baru, mereka dber pelatihan Dasar Kedisiplinan (LDK), sebagai upaya untuk menggembleng tentang kedisiplinan dan wawasan kebangsaan yang berlangsung selama tiga hari.

Kegiatan LDK dibawah pembinaan pelatih dari personil Kodim Semarang serta dibantu anggota Menwa Polines.

Selepas LDK, mahasiswa mengikuti orientasi melalui Wawasan Almamater dan Orientasi Akademik (Warna). Lewat berbagai kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa bisa mengenal pola studi di politeknik serta kehidupan lingkungan kampus. Selanjutnya mahasiswa mengikuti Pesima (Pembekalan Spiritual Mahasiswa). (Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaPolines Peringkat Ke-3 Politeknik Terbaik Indonesia
Artikel selanjutnyaTeliti Heritage Kota Surakarta, Dosen Polines Raih Gelar Doktor