Mesin Deposit Koin BI Dorong Masyarakat Gemar Menabung

Semarang, Idola 92.6 FM – Guna mendorong masyarakat untuk gemar menabung, Bank Indonesia berencana menerapkan mesin deposit koin.

Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Asral Mashuri mengatakan, pihaknya berencana menerapkan mesin deposit uang koin di perbankan untuk melayani masyarakat yang ingin menabung dengan uang itu.

”Nanti mesinnya seperti ATM, tapi ini untuk koin. Mesin itu bisa memilah mana yang seribu, seratus dan seterusnya, jadi masyarakat lebih mudah lagi,” tutur Mashuri di Semarang, baru-baru ini.

Selain di kantor-kantor perbankan, mesin deposit uang koin, kata dia akan ditempatkan di kasir-kasir toko modern.

Lebih lanjut Asral menjelaskan, uang koin sekarang ini mrmang susah kembali lagi ke bank dan kebanyakan disimpan serta tidak teredarkan. Padahal, dibandingkan dengan uang kertas umur koin lebih lama.

Diharapkan, dengan adanya mesin deposit uang koin, bisa membantu perbankan di dalam menarik uang koin agar bisa berputar dan kembali ke BI.

“Setelah dilakukan pengkajian dan meniru sistem dari Negara lain, secepatnya Bank Indonesia akan segera menerapkan sistem ini,” terangnya. (Budi A/R7/Diaz A)

Artikel sebelumnyaGanjar Minta Diberi Kewenangan Pecat PNS Pungli
Artikel selanjutnyaDPD ASPPI Jateng Konsisten Pasarkan Potensi Pariwisata
Editor In Chief Radio Idola Semarang.