Optimalkan Layanan, Bank Jateng Siapkan Agen DUTA

Semarang, Idola 92.6 FM – Direktur Utama Bank Jateng Suprayitno memastikan pada tahun ini pihaknya akan meluncurkan layanan branchless banking atau layanan keuangan tanpa kantor. Hal itu seiring dengan program Otoritas Jasa Keungan (OJK) yaitu layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif atau Laku Pandai. Dia berharap, dengan layanan ini Bank Jateng semakin dekat dengan masyarakat dan semakin dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat hingga pelosok kecamatan di Provinsi Jawa Tengah.

Supriyatno menjelaskan, produk Laku Pandai Bank Jateng merupakan layanan bagi masyarakat untuk memenuhi transaksi perbankan yang belum terjangkau layanan kantor bank yang bekerjasama dengan agen. Agen Laku Pandai Bank Jateng disebut dengan agen DUTA Bank Jateng atau Depot Uang Transaksi Aman. Agen ini dapat menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum terjangkau layanan keuangan saat ini.

“Layanan ini diharapkan dapat memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar-wilayah di Indonesia terutama antara desa dan kota,” kata Supriyatno seperti dilansir dari Advertorial Bank Jateng di Tribun Jateng, Rabu (6/4).

Supriyatno mengungkapkan, agen DUTA Bank Jateng akan melayani antara lain pembukaan rekening Tabungan BimaKu Pandai dengan karakteristik antara lain transaksi real time menggunakan media personal computer, tanpa batas minimum saldo rekening, tanpa batas minimum setoran.

Layani Berbagai Pembayaran

Karakter lain meliputi bebas biaya administrasi bulanan, pembukaan dan penutupan rekening, transaksi setor tunai dan transfer masuk, mendapat tariff yang rendah untuk transaksi tarik tunai, transfer keluar, dan pembayaran.

2016-04-06-2a

Selain melayani pembukaan rekening, Suprayitno mengungkapkan, agen DUTA Bank Jateng antara lain dapat melayani setor dan penarikan tunai, transfer antar-rekening dan antar-bank, pembayaran tagihan telepon, PDAM, PBB, sekolah, hingga pembelian pulsa, tiket kereta api, tiket pesawat, dan lain sebagainya.

Prioritas Agen DUTA Bank Jateng adalah pensiunan pegawai Bank jateng, nasabah Bank Jateng, loket PPOB (Payment Point Online Bank), perusahaan berbadan hokum (Pos, Koperasi, BPR).

Seperti diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada pertengahan 2016 akan memberikan izin kepada dua bank meluncurkan program Laku Pandai dengan satu di antaranya adalah Bank Jateng.

Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Kantor Regional IV Jateng-DIY, I Ketut Suena mengatakan, Laku Pandai Bank Jateng masih harus menunggu proses perizinan selesai. (Heri CS)

Artikel sebelumnyaMahasiswa Undip Tolak UKT Dan SPI
Artikel selanjutnyaPemerintah Perlu Susun Peraturan Pemerintah Untuk Wujudkan Kesejahteraan Nelayan