Pemkab Kudus Fasilitasi Jejaring Pengembangan UMKM Ke Jakarta

Kudus, Idola 92.6 FM – Upaya mengenalkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Kabupaten Kudus ke luar daerah terus dilakukan oleh Pemkab setempat.

Pengembangan jejaring melalui pameran dagang (Trade Show) kini sampai ke Pasar Tanah Abang Jakarta, Hartono Mall Yogyakarta dari 18-20 November 2016 kemarin, serta sebelumnya di Java Super Mall Semarang dilakukan langsung oleh Bupati Kudus Musthofa.

Bupati juga ikut berjualan produk-produk UMKM yang dibawa para pelaku UMKM Mulai dari batik, bordir, aneka kerajinan, kopi muria, hingga sandal bordir. Dengan senyum ramah, Bupati menawarkan produk-produk tersebut. Bahkan, acara yang bertajuk “Bakulan Bareng Kang Mus” laris manis.

“Pemerintah harus hadir dalam setiap usaha peningkatan kesejahteraan rakyatnya, salah satunya dengan memperkenalkan UMKM,” kata Bupati dari keluarga pedagang tersebut.

Sementara itu, alasan pemilihan Jakarta dan Yogyakarta karena dianggap merupakan jalan untuk memperluas jejaring pengenalan produk baik lokal maupun internasional.

Dari berbagai upaya yang dilakukan oleh pemkab Kudus, pengembangan UMKM dianggap telah mengalami banyak peningkatan dengan adanya sejumlah pelaku UMKM yang produknya sudah diakui ditingkat nasional maupun internasional.

Ditambahkan, Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar, Sudiharti menjelaskan ada sebanyak 30-an pedagang dan pelaku UMKM yang dilibatkan pada kegiatan trade show di Pasar Tanah Abang Jakarta dan Hartono Mall Yogyakarta kemarin.

Para Pelaku diajak belajar untuk mengenali selera pasar sehingga produk-produk hasil UMKM kab Kudus diterima pasar termasuk para petani kopi muria. Karena pangsa pasar kopi terbesar ada di Jakarta, Yogyakarta maupun Bali. (Tini/Diaz A)

Artikel sebelumnya500 Ribu DPS Jateng Belum Rekam E-KTP
Artikel selanjutnyaSektor UMKM Digerakkan Guna Tumbuhkan Perekonomian