Peroleh Adipura Lima Kali, Walikota Semarang Janji Naikkan Gaji Penyapu Jalan

Walikota Hendrar Prihadi menjamu dan menggendong penyapu jalan di Balaikota Semarang, Senin (25/7). (Photo: Widy W)

Semarang, Idola 92.6 FM – Walikota Semarang, Hendrar Prihadi menjamu para penyapu jalan di Kota Semarang di halaman Balaikota Semarang, Senin (25/7) untuk menyatakan rasa syukur dan terimakasih serta apresiasi atas jasanya sehingga Ibukota Provinsi Jawa Tengah tersebut memperoleh Adipura Kirana lima kali secara berturut-turut.

Adipura Kirana ialah piala penghargaan bagi Kabupaten/Kota yang berhasil menggerakkan perekonomian Kota dari sektor Pariwisata, Perdagangan dan Investasi.

Dari koridor lingkungan, Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi menilai penyapu jalan menjadi ujung tombak berhasilnya lagi Kota Semarang menyabet piagam penghargaan tersebut. Sehingga pihaknya berjanji akan menaikkan gaji penyapu jalan menjadi UMK Kota Semarang.

“Selama ini gaji mereka perbulan hanya sebesar Rp 850 ribu, nilai itu jauh dibawah UMR Kota Semarang,” tuturnya.

Hendi mengancam jika nantinya pihak ketiga selaku penyalur pekerja penyapu jalan tidak segera menaiknya gaji mereka sesuai UMR, maka akan diputus kontrak kerja dan kemudian akan segera diambil alih oleh Pemkot Semarang.

Hendi menilai, kesejahteraan bagi penyapu jalan memang perlu diberikan, seperti upah yang layak standar UMR di Kota Semarang.

Selain itu, pada kesempatan itu pula Walikota mengajak masyarakat untuk tertib dan sadar lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Saya masih melihat masyarakat membuang sampah punting rokok, bahkan tisu dari dalam mobil. Mari tertib agar Semarang semakin hebat,” ajaknya. (Widy W/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaSemester II, Pertumbuhan Ekonomi Jateng Lambat
Artikel selanjutnyaTopic Of The Days: Jenjang Pendidikan Meningkat, Menurunkan Minat Berwirausaha Di Indonesia?