PMI Jateng Latih Asesor Bidang Penanggulangan Bencana

Semarang, Idola 92.6 FM – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Pelatihan Asesor Kompetensi Bidang penanggulangan bencana (PB) pada (6-10/9), di Pusdiklat PMI Jateng, yang berlokasi di Semarang.

Pelatihan itu, bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana (LSP-PB), Badan Nasional Penanngulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Ketua LSP-PB BNPB Sugimin Pranoto mengungkapkan dengan era terbuka saat ini, memang menuntut seseorang memiliki profesi dan kompetensi.

“Asesor memiliki peran penting dalam mencetak asesi atau peserta yang berkualitas dibidangnya,” ujarnya saat pembukaan yang diikuti 14 orang peserta dari PMI Pusat, Jabar dan Jateng, Selasa (6/9) pagi.

Menurutnya, PMI Jateng saat ini telah menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) Bidang PB.

“Kami apresiasi karena untuk PMI Jateng yang telah berinisiatif melaksanakan pelatihan ini secara mandiri. Saya akui kebutuhan asesor saat ini belum sebanding dengan kebutuhan di masyarakat saat ini,” imbuh Sugimin dalam rilis yang diterima Radio Idola.

Sementara, Ketua PMI Jateng Imam Triyanto mengatakan, asesor kompetensi ini sudah menjadi tuntutan.

“Merujuk informasi terbaru, dalam PP nomor 18 tahun 2016, tercantum bahwa semua aparat pemerintah termasuk penanggulangan bencana nantinya harus mengikuti sertifikasi kompetensi,” ujarnya.

Di Jawa Tengah, kata dia, kedepannya PMI akan mengembangkan kompetensi PB sebagai bekal staf maupun sukarelawan agar dapat melaksanakan peran penanggulangan bencana secara optimal. (Diaz A/Yessa)

Artikel sebelumnya50 Mahasiswa Undip Intip Acara Radio Idola
Artikel selanjutnyaHewan Kurban Di Kendal Bebas Penyakit Ziekte