BNPB Ikut Turun Tangan Atasi Banjir Semarang

Jalan Kaligawe Raya tergenang banjir
Anggota polantas mengatur arus lalu lintas di Jalan Kaligawe Raya yang tergenang banjir.

Semarang, Idola 92,6 FM – BNPB turun terjun ke lapangan ikut menangani bencana banjir yang terjadi di Kota Semarang. Penanganan banjir di Kota Semarang mendapat perhatian serius, dan menjadi komitmen pemerintah untuk mengatasinya.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto meminta pemerintah daerah, untuk bisa secara aktif memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penanganan bencana yang sedang dilakukan pemerintah pusat bersama daerah. Pernyataan itu dikatakan di sela kunjungan penanganan banjir di Semarang, kemarin.

Suharyanto menjelaskan, untuk penanganan dan pengendalian banjir BNPB menyerahkan anggaran operasional kepada pemkab/pemkot sebesar Rp250 juta ditambah logistik dan segala macam siap pakai masing-masing senilai Rp100 juta.

Menurutnya, pemerintah provinsi juga mendapatkan bantuan pengendalian banjir senilai Rp1 miliar.

“Pemerintah pusat melalui BNPB akan membantu kebutuhan-kebutuhan lainnya. Supaya nanti di tahun 2024 apabila terjadi hujan deras lagi dampaknya lebih kecil dari sekarang. Bahwa pemerintah pusat dan daerah tidak tinggal diam dan kami berkomitmen bahwa keselamatan rakyat menjadi prioritas utama,” kata Suharyanto.

Lebih lanjut Suharyanto menjelaskan, pihaknya juga bekerja sama dengan BMKG untuk mengatasi banjir melalui teknologi modifikasi cuaca. Hal itu dilakukan, hingga cuaca benar-benar bisa terkendali.

“Tidak hanya di Semarang saja, tapi di daerah lain juga kita terapkan modifikasi cuaca. Jawa Barat itu sudah 10 hari dilakukan dan ini salah satu upaya yang bisa kita lakukan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKementerian PUPR Tambah Pompa Atasi Banjir di Semarang
Artikel selanjutnyaMemahami Duduk Masalah Sistem “Proporsional Tertutup” dalam Pemilu: Apa Untung-Ruginya, Baik bagi Parpol maupun Pemilih?
Wartawan senior Radio Idola Semarang.