Presiden Meminta Kepala Daerah Permudah Perizinan Investor

Semarang, Idola 92.6 FM – Presiden Joko Widodo meminta semua kepala daerah di Jawa Tengah untuk memermudah perizinan bagi calon investor yang membuka perusahaan padat karya.

“Yang kita butuhkan adalah pabrik-pabrik padat karya, karena itu menyerap tenaga kerja cukup banyak. Kalau proses perizinan bisa sehari jadi, ya kerjakan, jangan dipersulit,” tuturnya di Semarang (9/8).

Pada awal tahun ini, Jokowi melalui Kementerian Dalam Negeri sudah merevisi dan menghapus 3.153 peraturan daerah yang dianggap menghambat investasi.

“Ada 42 ribu peraturan daerah yang membutuhkan penyederhanaan,” menurut Jokowi.

Agar peraturan di pusat sejalan dengan yang ada di daerah, kata Jokowi, maka semua kepala daerah di Jawa Tengah bisa meninjau ulang perda masing-masing.

Menurut Jokowi, perusahaan-perusahaan padat karya yang masuk ke Indonesia bervariasi mulai dari industri otomotif, garmen, dan tekstil.

Mantan wali kota Surakarta itu menjelaskan, pada 2015 kemarin dengan kebijakan ekonomi yang dibuat di bidang perizinan terjadi peningkatan investasi cukup baik.

Pada kwartal I/2015 perekonomian tumbuh 4,94 persen dan di kwartal II/2015 tumbuh lagi menjadi 5,18 persen. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaMobil Tertabrak KA Maharani, Kepala Ombudsman Jateng Meninggal
Artikel selanjutnyaPLN Jateng-DIY Genjot Pertumbuhan Pelanggan 14 Persen