Rawan Bencana, Ganjar Minta Semua Daerah Waspada

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua daerah untuk selalu siaga dan waspada dalam menghadapi ancaman bencana alam yang ada di wilayahnya masing-masing.

”Saya minta bantuan masyarakat bersama pemerintah daerah setempat dan tim pengurangan risiko bencana, agar selalu waspada terhadap bahaya bencana alam di wilayahnya. Termasuk, di dalam meminimalkan jumlah kerugian material dari masyarakat sendiri untuk mengepak barang berharganya bisa dibawa ikut mengungsi,” terang Ganjar di Semarang, Rabu (29/9).

Setiap periode waktu tertentu Ganjar mengaku sudah memberikan peringatan kepada masyarakat yang mendiami daerah rawan bencana alam.

Dia mencontohkan ketika terjadi hujan deras, daerah yang rawan banjir bandang telah siap untuk mengungsi. Menurutnya, dengan kearifan lokal yang dimiliki setiap daerah masyarakat bisa selalu waspada bersama perangkat pemerintahan setempat.

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari Dinas ESDM Jateng serta Stasiun Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melakukan pemetaan daerah rawan bencana di Jawa Tengah.

Seperti diketahui, bencana alam yang kerap menjadi langganan di Jawa Tengah adalah banjir bandang angin puting beliung dan tanah longsor.

Daerah rawan banjir berada di Kab Kudus, Demak, dan Jepara. Sementara, untuk daerah rawan tanah longsor ada di Kab Banjarnegara dan Kab Magelang. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaKPU Minta Petahana Ajukan Cuti Sebelum Kampanye
Artikel selanjutnyaSKPD Diharap Bantu Sajikan Data Statistik Daerah
Editor In Chief Radio Idola Semarang.