Sambut Lebaran, BI Jateng Siapkan Penukaran Uang Rp 19 triliun

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah Iskandar Simorangkir memprediksi permintaan akan uang tunai selama bulan Ramadan hingga musim Lebaran tahun 2016 akan meningkat sekitar 9,7 persen dari kebutuhan pada tahun 2015.

Pada periode sebelumnya, realisasi penarikan uang tunai dari perbankan mencapai Rp 17,1 triliun. Sementara penukaran uang tunai oleh masyarakat mencapai Rp 215 miliar.

Oleh karena itu, lanjut Iskandar, pihaknya akan menambah jumlah uang tunai guna mengantisipasi adanya kenaikan permintaan penukaran uang baru nantinya.

“Jumlahnya kita tingkatkan jadi Rp 19 triliun. Itu untuk melayani seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia di wilayah Jawa Tengah,” terangnya. di Semarang, Selasa (7/6).

Sementara itu, dari pecahan mata uang yang beredar Iskandar menjelaskan bahwa permintaan masyarakat lebih banyak untuk jenis lembar Rp 10 ribu dengan 29 persen. Kemudian disusul dengan pecahan Rp 20 ribu dan Rp 5 ribu dengan presentase 24 persen. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaBulan Ramadan, Inflasi 0,3 Persen
Artikel selanjutnyaBulog Siap Gelar Operasi Pasar Jika Ada Masalah Pasokan Beras