Soal Donald Trump, Menlu Minta WNI Tidak Panik

Semarang, Idola 92.6 FM – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno LP Marsudi sudah mengaku sudah menjalin komunikasi dengan duta besar Indonesia di Amerika Serikat dan sejumlah konsulat jenderal, pasca kemenangan Donald Trump menjadi presiden terpilih Amerika Serikat.

“Kami terus melakukan pemantauan, baik situasi di Amerika Serikat maupun warga Indonesia yang tinggal di sana. Warga Indonesia juga saya harapkan terus berkonsultasi dan berkomunikasi dengan perwakilan RI di AS,” tutur Retno di Semarang, belum lama ini.

Retno menjelaskan, beberapa berita belakangan ini di Amerika Serikat membuat WNI resah dan khawatir dan kemudian mendatangi kedutaan besar atau perwakilan Republik Indonesia di Amerika Serikat.

Menteri Retno meminta agar warga Indonesia yang tinggal di AS tidak perlu ikut panik dan khawatir.

Jika memang dipandang ada hal yang tidak diinginkan terjadi, Retno mengaku akan segera mengeluarkan sejumlah kebijakan dan prosedur pengamanan baku agar keselamatan WNI di AS terjamin.

Selain terus intensif menjalin komunikasi dengan perwakilan RI di AS, jelas Retno, Pemerintah Indonesia juga membuka saluran hotline khusus.

Saluran itu hanya diperlukan, apabila WNI membutuhkan perlindungan dan kejelasan tentang situasi di AS. (Budi A/Diaz A)

Artikel sebelumnyaMenakar Kompleksitas Masalah Gizi Di Tengah Menyongsong Bonus Demografi
Artikel selanjutnyaOperasi Zebra 2016, 80 Persen Penindakan Pelanggaran