Target Wisman Ke Jateng Capai Target, Pelancong Lokal Belum

Dermaga Karimunjawa Jepara (photo: lostpacker.com)

Semarang, Idola 92.6 FM – Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah telah melebihi target selama 2016.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng (Dinbudpar) Prasetyo Aribowo di Semarang, Senin (7/11/2016) mengatakan kunjungan wisman mencapai 435 ribu orang, artinya melebihi target dari yang diharapkan yakni 320 ribu orang.

“Namun yang saat ini sedang digenjot adalah tingkat kunjungan wisatawan nusantara. Dimana memang wisatawan lokal masih belum mencapai target,” katanya.

Pada 2016 ini, wisatawan nusantara ditargetkan 33 juta orang berkunjung ke Jawa Tengah.

Pihaknya, optimistis di sisa waktu November dan Desember 2016, tingkat kunjungan wisatawan nusantara terus meningkat dan bisa memenuhi target yang ditetapkan.

Untuk itu, 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah diharapkan bisa memasarkan potensi pariwisatanya di dalam negeri dengan bekerjasama Dinas Pendidikan untuk mengarahkan para siswa mengunjungi obyek wisata di Jawa Tengah.

“Mudah-mudahan 10 juta wisatawan nusantara bisa tercapai di akhir 2016 ini, karena yang baru dilaporkan jumlah wisatawan domestik masih di angka 22 juta orang. Saya kok optimistis bisa tercapai, bahkan lebih,” tuturnya.

Dijelaskan lebih lanjut, sampai dengan saat ini Candi Borobudur masih menjadi magnet bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah.

Kontribusi daya tarik Candi Bororbudur mencapai 65 persen dan total wisatawan yang berkunjung, kemudian disusul Sangiran di Kab Sragen, Kepulauan Karimunjawa Jepara, serta Kawasan Dataran Tinggi Dieng di Kab Wonosobo. (Budi A/Diaz A)

Artikel sebelumnyaBI Prediksi Inflasi 2,5 Persen Selama 2016
Artikel selanjutnyaBI: Kenaikan Upah Buruh Delapan Persen