Temukan Bahan Kimia Dalam Takjil, BPOM Minta Masyarakat Waspada

Ilustrasi Takjil

Semarang, Idola 92.6 FM – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang belum lama menggelar inspeksi mendadak (sidak) terhadap jajanan takjil yang banyak dijual di Jl Pahlawan dan depan Masjid Agung Kauman Semarang. Hasilnya ditemukan kue lapis berwarna merah yang mengandung bahan kimia berbahaya Rodhamin atau pewarna tekstil.

Kepala Bidang Pengujian Pangan dan Bahan Berbahaya Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Semarang, Edeltrudis Rukmini membenarkan bahan kimia yang sering digunakan sebagai campuran makanan dan minuman di antaranya Rodhamin dan Formalin.

“Masyarakat agar jeli dalam membeli makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Kalau untuk minuman berbahan dasar sirup, kenali ciri-cirinya yang biasanya berwarna merah muda terang, itu mengandung Rodhamin,” beber Edeltrudis di Semarang, Jumat (10/6).

Pihaknya menambahkan, bahan kimia itu sangat berbahaya jika masuk ke tubuh manusia. Misalnya menyebabkan kerusakan pada organ tubuh seperti ginjal dan jantung.

Sehingga BPOM meminta masyarakat untuk berhati-hati dan jeli ketika membeli takjil yang banyak dijual di pinggir jalan. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)