TPKS Tambah Kedalaman Alur Jadi 11 Meter

Semarang, Idola 92.6 FM – Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) berencana akan menambah kedalaman alur yang sebelumnya 8,2 meter, menjadi 10 atau 11 meter di akhir tahun 2016.

General Manager TPKS Erry Akbar Panggabean mengatakan, jika kedalaman alur bisa ditambah hingga 10 atau 11 meter dan di tahun depan menjadi 13 meter, maka akan mempermudah proses bongkar muat bagi kapal-kapal berukuran besar.

“Kami rencanakan ada penambahan menjadi 12 meter di tahun depan. Ini menjadi keuntungan dan berita bagus bagi pengusaha di Jawa Tengah,” Ucap GM TPKS Erry Akbar Panggabean pada Jumat (2/11/16).

Menurut Erry, keunggulan kedalaman alur byang mencapai 12 meter, bisa membuat kapal besar masuk dengan mudah.

“Walaupun harus ada biaya perawatan, namun sedimentasi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tidak separah di pelabuhan lainnya, karena lumpur di pelabuhan sifatnya lembut,” Tambahnya.

Selain penambahan alur kedalaman alur, pihaknya juga akan melakukan sejumlah peningkatan di TPKS. Salah satunya adalah otomatisasi atau pengalihan tenaga, dari tenaga manusia ke mesin dalam beberapa aspek.

Dirinya meminta dukungan semua pihak, agar program TPKS ke depan bisa berjalan dengan lancar. Dengan suasana kerja yang kondusif, maka akan tercipta efek positif yang membawa keuntungan hingga ke tingkat provinsi. (R7 Budi A)

Artikel sebelumnyaDisnakertransduk Jateng Beri Surat Keterangan Sementara Pengganti E-KTP
Artikel selanjutnyaMenakar Plus-Minus Pembekuan Keanggotaan Indonesia Dari OPEC
Wartawan senior Radio Idola Semarang.