Upaya Entaskan Kemiskinan, Bank Jateng Gandeng Sejumlah Pihak

Semarang, Idola 92.6 FM – Bank Jateng menggandeng sejumlah pihak terkait dengan penyaluran dana pengembangan ekonomi kreatif dan usaha mikro dalam upaya pengentasan kemiskinan di provinsi Jawa Tengah. Lewat kerja sama dengan dinas koperasi dan UKM Jateng, PT Telkom Regional 4 Jateng-DIY, serta Unika Soegijapranata Semarang, Bank Jateng ingin mewujudkan Jateng sejahtera melalui program Mitra 02 dan Mitra 25.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan, program itu bisa dimanfaatkan UMKM mendapatkan modal usaha secara mudah tanpa agunan. Masyarakat bisa mengajukan secara mandiri maupun berkelompok. Kelompok itu akan didata, diidentifikasi usahanya, diberi pelatihan dan pendampingan.

“Untuk pendampingan ini Bank Jateng bekerjasama dengan Unika yang memiliki Program Kuliah Kerja Usaha (KKU),” katanya.

Menurut Supriyatno, pendampingan kepada UMKM dalam program Bank Jateng itu ditargetkan mampu membantu mengentaskan kemiskinan yang masih tinggi di 15 kabupaten-kota di Jawa Tengah. Sementara itu, menurut Rektor Unika Soegijapranata Prof Budi Widianarko, saat ini program Kuliah KKU Unika masih berlangsung di lingkup Kota Semarang.

“Hal itu membuat kami membuka tangan bagi universitas lain untuk ikut mengadopsi program KKU agar bisa menjangkau seluruh UMKM di Jateng sesuai dengan lingkup program Mitra Bank Jateng,“ tandas Prof Budi seperti dilansir dari Tribun Jateng (3/5). (Heri CS)

Artikel sebelumnyaApril 2016, Jawa Tengah Deflasi 0,46 Persen
Artikel selanjutnyaDPD REI Jawa Tengah Berharap Suku Bunga KPR Lebih Transparan