Bagaimana Menanamkan Pendidikan Berbasis Keberagaman Dalam Ruang Sekolah?

Semarang, Idola 92.6 FM – Penyadaran tentang keberagaman menjadi perhatian para pendidik di sekolah. Lewat pembelajaran hingga membangun kegiatan bersama yang melibatkan semua siswa yang beragam dapat membiasakan siswa saling menghargai dan menghormati perbedaan. Namun, hal itu dinilai bukan sesuatu yang mudah.

Diperlukan kemampuan guru untuk membawakan konten pembelajaran yang relevan dengan kondisi bangsa ini. Bukan hanya di pelajaran sejarah dan PPKn atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, pendidikan agama juga harus bisa mengembangkan dialog antar-agama. Bahkan, pendidikan Matematika dan lainnya juga tetap bisa diarahkan untuk membangun semangat kebersamaan siswa.

Lalu, bagaimana mengimplementasikan pendidikan berbasis nilai-nilai keberagaman dalam ruang-ruang sekolah? Sudah siapkah system pendidikan kita mengoptimalkan pendidikan berpendekatan kebinekaan? Sudah siapkah pula SDM para tenaga pengajar kita?

Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Radio Idola 92.6 FM berdiskusi dengan beberapa narasumber, yakni: Ketua Yayasan Cahaya Guru Henny Supolo Sitepu dan Pemerhati Pendidikan/Pendiri Pendidikan Karakter Consulting Doni Koesoema Albertus. (Heri CS)

Berikut Perbincangannya:

Artikel sebelumnyaGo-Clean Sambangi 12 Masjid di Kota Semarang Selama Bulan Ramadan
Artikel selanjutnyaPekerja Bisa Lapor ke Posko Dinakertrans Jika Tidak Terima THR