DKP Targetkan 2018 Seluruh Nelayan di Jawa Tengah Sudah Dapat Kartu Nelayan

Semarang, 92.6 FM-Sampai dengan Agustus 2017 kemarin, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Tengah sudah mendistribusikan 104.754 kartu nelayan. Dengan memiliki kartu nelayan, maka setiap nelayan terdata by name by address di Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Lalu M. Syafriadi mengatakan kartu nelayan itu bertujuan, untuk memudahkan pemerintah pusat dan daerah di dalam memastikan seluruh nelayan di Indonesia mendapatkan hak sebagai nelayan. Sehingga, apabila ada program dari pemerintah, maka seluruh nelayan yang sudah mendapatkan kartu nelayan bisa mengakses bantuan itu.

Kartu nelayan itu, jelas Lalu, memverifikasi para nelayan sebagai pemilik kapal atau anak buah kapal (ABK) ataupun sebagai nahkoda.

“Target 2018 seluruh nelayan di Jateng sudah memiliki kartu nelayan. Kartu nelayan ini menyimpan identitas mereka dengan jelas, jadi kalau ada bantuan program pemerintah bisa langsung terverifikasi,” kata Lalu M. Syafriadi, Rabu (27/9).

Nantinya, jelas Lalu, kartu nelayan juga terkoneksi dengan sejumlah program milik pemerintah yang berkaitan dengan nelayan. Misalnya tentang asuransi atau pinjaman kredit di perbankan. (Bud)

Artikel sebelumnyaSerikat Pekerja PLN Salurkan Bantuan Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kekeringan
Artikel selanjutnyaMembaca Kisruh Pembelian 5 Ribu Senjata, Apa Yang Bisa Dibaca Dari Kasus ini?