Elin Najar Arifin, Pemakmur Desa Lewat Desain Di Dunia Maya

Elin Najar Arifin. (photo: liputan6)

Elin Najar Arifin, penggagas Salaman Designer Community telah membuat ratusan warga di 2 desa di Magelang, Jawa Tengah menjadi makmur dari kompetisi desain di dunia maya.

5 tahun terakhir, 2 desa di Kecamatan Salaman, Magelang, Jawa Tengah tumbuh pesat. Dulu, warga kawasan ini tidak berpenghasilan atau berpenghasilan rendah. Sekarang sekitar 500-an warganya mendapat penghasilan sebagai desainer grafis. Klien mereka umumnya perusahaan-perusahaan di Eropa dan Australia. Setiap bulannya penghasilan mereka masing-masing bisa mencapai ratusan hingga ribuan dollar Amerika Serikat.

Setelah mengenal kompetisi logo perusahaan lewat internet pada 2010, Elin pun coba-coba ikut serta. Awalnya tidak mudah, setelah 105 kali ikut kompetisi desain, barulah Elin menang dan menerima imbalan US$ 245.

Banyak warga desa dari berbagai usia dan latar belakang yang akhirnya belajar mendapatkan penghasilan dari kompetisi desain di internet. Elin dan kawan-kawan juga tidak ragu berbagi ilmu dan membentuk Salaman Designer Community sebagai wadah berbagi.

Kini, banyak warga dengan pendidikan terbatas bisa menabung bahkan membangun rumah yang layak.

Berikut perbincangan Radio Idola bersama Elin Najar Arifin, Pemakmur Desa Lewat Desain Di Dunia Maya.

Artikel sebelumnyaWongsonegoro Menjadi Nama RSUD Kota Semarang
Artikel selanjutnyaMelihat Belum Sinerginya Aparat Penegak Hukum Lewat Unfair Trial