Ganjar: Saya Akan Koordinasi Dengan Pemprov Jabar Pekan Depan Terkait Sistem Buka Tutup Pintu Tol di wilayah Saat Arus Mudik Lebaran

Semarang, 92.6 FM-Langkah-langkah antisipatif guna mencegah terjadinya kemacetan parah di wilayah Jawa Tengah hingga Jawa Barat, Gubernur Ganjar Pranowo akan berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Barat. Pekan depan, pihaknya akan melakukan pantauan di seluruh ruas tol dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, untuk melihat kesiapan akses jalan bagi para pemudik.

Ganjar Pranowo mengatakan, sebagai upaya pencegahan, dirinya meminta jajaran kepolisian dan perhubungan, untuk bisa membuat simulasi pergerakan arus lalu lintas dari Jawa Barat ke Jawa Tengah. Langkah itu penting dilakukan, agar bisa memetakan jumlah pergerakan arus lalu lintas dari wilayah Jawa Barat. Termasuk, mekanisme dari Jawa Barat untuk membuka dan menutup pintu tolnya saat pergerakan arus lalu lintas mengalami peningkatan.

“Pekan depan saya akan keliling di tol fungsional sampai Jawa Barat. Kalau bisa kerja sama dengan Jawa Barat, maka pintu-pintu tol di Jawa Barat akan kita simulasikan. Kalau pintu tolnya banyak dan dibuka terus menerus, itu sebenarnya sedang melepas air bah saja,” kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, untuk ruas tol fungsional Batang hingga Gringsing, dirinya juga meminta Dinas Perhubungan Jateng melakukan sejumlah langkah antisipatif. Misalnya dengan menyiapkan jalur-jalur alternatif, jika jalan fungsional tidak mampu menampung pergerakan lalu lintas yang melintas. Sehingga, jalan-jalan kabupaten yang rusak karena sebelumnya menjadi akses pekerjaan tol, agar segera diperbaiki. (Bud)

Artikel sebelumnyaJelang Lebaran Sriwijaya Air Grup Buka Rute Semarang-Pangkalan Bun
Artikel selanjutnyaDinas Perhubungan Larang Truk Berat Melintas Jelang Lebaran, Kecuali Pengangkut Kebutuhan Pokok Masyarakat dan BBM