Kapolda Sebut Flyover Kretek Arah Purwokerto Jadi Simpul Kemacetan Baru Lebaran Tahun Ini

Semarang, 92.6 FM-Jalur Pejagan-Purwokerto terbangun empat flyover, masing-masing d wilayah Dermoleng Kecamatan Ketanggungan, Klonengan dan Kesambi. Sementara satu flyover di wilayah Kretek Paguyangan perbatasan Purwokerto Banyumas, saat ini belum bisa digunakan karena baru selesai tahap pembayaran.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono mengatakan, jalur Tegal dan Purwoketo terdapat tiga flyover yang siap digunakan pada saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Sedangkan satu flyover masih belum bisa digunakan.

Menurutnya, flyover di wilayah Jawa Tengah yang menghubungkan Pejagan dan Purwokerto itu cukup krusial, untuk mengurangi kemacetan. Terutama saat kereta api melintas. Sebab, terdapat 70 kali perlintasan kereta api yang memakan waktu lima menit. Dan ketika arus mudik balik, meningkat menjadi 92 kali per hari.

Namun demikian, jelas kapolda, pihaknya tetap melakukan penjagaan dan pengaturan, khusus di flyover Kretek berbatasan Purwoketo Banyumas karena belum selesai pembangunannya.

“Kita prediksi yang berat nant di Pejagan-Banyumas, karena ada satu flyover belum rampung pembangunannya. Itu di Kretek yang masuk wilayah Purwokerto Banyumas,” kata Condro.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus berupaya keras guna mencapai target empat flyover perlintasan kereta di Kabupaten Tegal dan Brebes bisa dibuka pada 15 Juni 2017, atau H minus 10 Lebaran mendatang.

Diketahui, total panjang keempat flyover mencapai 2,8 kilometer dengan anggaran pembangunan sebesar Rp350 miliar. (Bud)

Artikel sebelumnyaSerikat Pekerja PLN Siap Wujudkan DJTY HEBAT Melalui Kepengurusan Yang Baru
Artikel selanjutnya[PhotoEvent] Digital Lifestyle