KPU Serentak Gelar Pencocokan dan Penelitian Pemilu 2019 Pada Januari 2018

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan sebagai tahapan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019, pihaknya akan menggelar pencocokan dan penelitian daftar pemilih tetap (DPT). Pelaksanaannya, akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada 15 Januari 2018 mendatang.

Pada tahapan Pencocokan dan Penelitian nanti, akan ada petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang mendatangi rumah-rumah penduduk.

Para petugas yang datang itu, akan melakukan pencocokan terhadap data yang dimiliki dengan e-KTP atau surat keterangan (Suket) milik warga.

Apabila pada saat tahapan Pencocokan dan Penelitian ke rumah-rumah warga dan ditemukan belum melakukan rekam data e-KTP, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Sehingga, bisa meminimalisir potensi kecurangan data pemilih melalui pendataan penduduk.

“Untuk DPT, kita akan lakukan Pencocokan dan Penelitian pada 15 Januari 2018. Saat ini, kita sudah siapkan buku panduan Pencocokan dan Penelitiannya dan akan dilakukan serentak secara nasional. Ada gerakan pencocokan penelitian secara serentak nasional, begitu kira-kira,” kata Joko.

Lebih lanjut Joko menjelaskan, tahapan Pencocokan dan Penelitian juga untuk meminimalisir dan mencegah adanya data-data kependudukan yang tidak benar. Salah satunya yang paling sering muncul adalah nama pemilih ganda, atau warga sudah meninggal dunia tetapi masih masuk di DPT. (Bud)

Artikel sebelumnyaMembaca Tantangan dan Peluang Dunia Usaha di Era Disrupsi
Artikel selanjutnyaKPU: Pemilu 2019 Ada Daerah Bertambah Kursi Parlemennya