Mendag: Stok Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan Cukup dan Harga Stabil, Saya Jamin

Semarang, 92.6 FM-Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin, jika ketersediaan stok kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadan masih aman. Bahkan, distribusi komoditas juga akan dijamin kelancarannya.

Saat ini, jelas Enggartiasto, ketersediaan untuk minyak goreng mencapai 1,5 juta liter. Sedangkan gula pasir mencapai 450 ribu ton, beras 2,1 juta ton dan ketersediaan daging di Bulog mencapai 40 ribu ton serta akan bertambah 51 ribu ton dalam waktu dekat.

Enggartiasto menyebut, keberadaan Satuan Tugas Pangan akan memantau kondisi perkembangan harga dan stok pangan di masyarakat. Karena, satgas itu secara berkala melakukan evaluasi perkembangan harga setiap dua pekan.

“Kami akan kendalikan betul harga komoditas dengan stok yang cukup. Kita akan mampu mengendalikan harga, bukan saja untuk menghadapi hari besar keagamaan saja tetapi juga seterusnya,” kata Enggartiasto.

Lebih lanjut Enggartiasto mengklaim, ketersediaan stok barang kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadan dan Lebaran 2017 mencukupi hingga 4-5 bulan ke depan. Pihaknya juga mengingatkan distributor, sub distributor dan agen untuk memiliki Tanda Daftar Pelaku Usaha Distribusi barang kebutuhan pokok. Di samping itu, para spekulan yang memainkan harga kebutuhan pokok masyarakat bakal dikenakan tindakan hukum. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenilik Bahasa Simbolik Gerakan Bunga Dari Mayoritas Diam (Silent Majority), Fenomena Apa?
Artikel selanjutnyaGanjar Minta Perbankan Bantu UMKM Untuk Pasarkan Produknya Lewat Online
Wartawan senior Radio Idola Semarang.