Pemprov Sediakan 177 Bus Mudik Gratis Lebaran 2017

Semarang, 92.6 FM-Warga Jawa Tengah yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, bisa memanfaatkan program mudik gratis dari Pemprov Jateng. Program mudik gratis kerja sama dengan sejumlah pihak itu, merupakan salah satu upaya mengantisipasi kemacetan lalu lintas dan mengurangi risiko kecelakaan saat mudik Lebaran.

Sekda Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan, pihaknya menyediakan dua jenis transportasi yang bisa dimanfaatkan para pemudik dari Jawa Tengah untuk pulang ke kampung halaman. Yakni kereta api dan bus.

Khusus untuk armada bus, pemprov menyiapkan 177 armada. Program mudik gratis itu bisa dimanfaatkan warga Jawa Tengah yang tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan sekitarnya.

Sekda menjelaskan, bantuan armada bus mudik gratis itu, rinciannya dari Gubernur Ganjar Pranowo sebanyak 39 armada bus dengan kapasitas 2.106 penumpang, bantuan dari bupati/wali kota se Jawa Tengah sebanyak 83 armada bus dengan kapasitas 4.267 penumpang, serta bantuan dari Bank Jateng sebanyak 55 bus dengan kapasitas 2.750 penumpang.

“Disiapkan bus sebanyak 177 armada. Sekarang sudah mulai dibuka pendaftarannya. Diprioritaskan para pekerja informal atau buruh asal Jawa Tengah yang jumlahnya kurang lebih 19 ribu orang,” kata Sri Puryono.

Masyarakat yang telah mendaftarkan diri, lanjut sekda, akan diberangkatkan dari parkir Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, pada 20 Juni 2017. Sedangkan yang akan menggunakan kereta api, akan diberangkatkan pada 22 Juni 2017 mendatang. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov Permudah Pendaftaran Siswa Didik Tingkat SMA Sederajat Melalui Sistem Online se Jawa Tengah
Artikel selanjutnyaGubernur: Tol Bawen-Salatiga Bisa Dilalui Pemudik Saat Lebaran Nanti