TPKS Akan Coba Wujudkan Ekspor Langsung ke AS Beberapa Tahun Lagi

Semarang, 92.6 FM-Mimpi untuk mewujudkan ekspor dan impor ke Amerika Serikat atau Eropa secara langsung dari Semarang, akan terwujud beberapa waktu ke depan. Kemungkinan itu bisa direalisasikan, asalkan semua pihak bisa bekerjasama.

General Manager Terminal Petikemas Semarang (TPKS) Erry Akbar Panggabean mengatakan, tidak ada yang tidak mungkin, karena sekarang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sudah menjadi pelabuhan utama di Indonesia. Menurutnya, saat ini ekspor impor menuju negara-negara barat masih melalui pelabuhan perantara, misalnya Singapura dan Tiongkok.

Erry menjelaskan, jika kebijakan presiden baru Amerika Serikat menghendaki kerja sama dengan Jawa Tengah dalam hal penyediaan komoditas, maka sangat dimungkinkan ada pelayaran langsung ke Amerika Serikat. Hanya saja, masih menunggu beberapa tahun lagi agar bisa terwujud.

“Zaman dulu itu, dari pelabuhan Semarang bisa langsung direct ke Amerika dan Eropa. Komoditas unggulannya kopi dan gula. Nah, sekarang bagaimana kita bisa mengembalikan kejayaan pelabuhan Semarang, itu saja,” kata Erry, Sabtu (21/1).

Lebih lanjut Erry menjelaskan, misalnya Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang sudah ada jalur Semarang-Hongkong karena ada penumpangnya. Sangat dimungkinkan di Pelabuhan Tanjung Emas juga bisa dibuka rute ke Amerika dan Eropa, sehingga pelaku usaha bisa memanfaatkannya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDJP Jateng I Akan Dekati Kelompok Masyarakat dan Pelaku UMKM Untuk Dorong Ikut Tax Amnesti Periode Ketiga
Artikel selanjutnyaPerangko Shio Ayam Langsung Diserbu Masyarakat Usai Diluncurkan
Wartawan senior Radio Idola Semarang.