3rd Place Play Off, Belgia vs Inggris

Gareth Southgate, Pelatih Inggris.

Banyak yang kehilangan semangat sasaat setelah mengalami sakit hati. salah satu lirik dari bait lagu the rose yang dinyanyikan judi Collin berbunyi, hati yg takut sakit adalah hati yg tak pernah belajar menari. Menarilah seolah takada yg melihat, cintailah seakan tak pernah disakiti. begitu kata penulis legendaris mark twain.

Rasa sakit dialami Belgia dan Inggris dalam semi final Piala Dunia. mereka bakal bertemu di laga perebutan peringkat ketiga Piala Dunia 2018 pada Sabtu malam ini. Menghadapi laga tersebut, pelatih dari kedua tim tampak tidak terlalu antusias.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, mengatakan laga tersebut bukanlah laga yang diidamkan tim manapun. Meski demikian, ia mengaku, timnya masih ingin meraih kemenangan dalam laga tersebut. “Hanya, tampaknya terlalu cepat bagi kami untuk bisa memikirkan laga tersebut karena kami telah mengalami kekalahan.”

Roberto Martinez, Pelatih Belgia.

Sementara itu, pelatih Belgia, Roberto Martinez, juga memiliki pendapat yang serupa. Seusai timnya ditaklukkan Prancis 0-1 di laga semifinal kemarin, ia mengaku akan sulit bagi timnya untuk bisa melakoni laga perebutan juara ketiga dengan didukung oleh mental yang positif dari para pemain. “Ini menjadi emosi yang sulit dikendalikan, karena mereka telah kecewa seusai gagal di babak semifinal,” ujar Martinez. Meski begitu, mantan pelatih Everton itu mengatakan akan berusaha mengembalikan semangat tim agar bisa mencetak rekor baru bagi timnas Belgia.

Laga perebutan peringkat ketiga di Piala Dunia memang kerap menuai kritik, karena sebagian pihak berpendapat laga itu tidak penting. Di Piala Eropa saja, laga tersebut sudah tidak pernah diselenggarakan lagi sejak 1980. Namun, tampaknya, hingga saat ini FIFA masih enggan menanggapi kritik-kritik itu.

Laga nanti malam, bakal menjadi pertemuan kedua bagi Inggris dan Belgia di Piala Dunia kali ini. Sebelumnya, kedua tim tersebut bertemu di laga fase penyisihan grup, yang berakhir dengan kemenangan Eden Hazard Cs dengan skor 1-0.

Belgia vs Inggris, 3rd Place Play Off.

Di samping itu, laga nanti bakal menjadi laga kedua bagi masing-masing tim untuk bisa tampil memperebutkan juara ketiga di Piala Dunia. Pada 1986, Belgia pernah menjalani laga ini dan kalah oleh Prancis. Lalu empat tahun kemudian, Inggris melakoni laga serupa dan kalah oleh Italia.

Di babak semifinal, Inggris kalah menyakitkan dari tim yang peringkatnya jauh dari mereka di FIFA, Kroasia, tim yang belum pernah memenangkan Piala Dunia. Yang lebih menyakitkan mereka unggul terlebih dahulu berkat gol Kieran Trippier. Bermain hingga babak tambahan, mereka malah kebobolan gol kedua oleh Mario Mandzukic, padahal mereka sangat meyakinkan sejak fase grup.

Video Perancis vs Belgia pada Semi Final

Belgia yang merupakan juara Grup G, juga tampil begitu meyakinkan sejak fase grup. Belgia tidak terkalahkan hingga bertemu dengan Prancis di semifinal. Mereka juga tim tersubur bersama generasi emasnya. Kekalahan tipis 1-0 dari Prancis begitu menyakitkan.

Mental adalah kunci dari pertandingan Inggris vs Belgia. setelah gagal di semifinal, tim biasanya kehilangan separuh semangatnya. Di sini pentingnya manajer untuk mengembalikan semangat para pemainnya dan membawa kemenangan ke negaranya. Siapa yang bakal lebih siap untuk move on? Just wait until the game begin. (donas)

Artikel sebelumnyaGanjar Ingatkan Kepala Daerah Prioritaskan Pelayanan Publik
Artikel selanjutnyaFinal Piala Dunia 2018, Perancis vs Kroasia
Penyiar senior Radio Idola Semarang