Bawaslu Turunkan Ribuan APK Liar di Jateng

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah Fajar SAKA mengatakan pihaknya sudah menurunkan ribuan alat peraga kampanye (APK) liar, yang saat ini terpasang karena sebagian besar masih merupakan buatan masing-masing tim kampanye atau simpatisan dari pasangan calon (paslon).

Menururnya, sampai dengan saat ini sudah ada tujuh ribuan APK yang diturunkan paksa di seluruh provinsi ini. Baik berupa baliho ukuran besar maupun kecil dan juga spanduk, yang terpasang di pinggir jalan.

Fajar menyebut, KPU Jateng sudah mendistribusikan APK ke masing-masing paslon yang berkompetisi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018. Sebab, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, KPU memfasilitasi pembuatan APK tersebut. Bahkan, ketentuan terkait ukuran APK juga terdapat di Pasal 28 aturan tersebut.

Oleh karena sudah difasilitasi dan APK resmi telah didistribusikan, jelas Fajar, seharusnya tim kampanye serta simpatisannya bisa memasang APK resmi tersebut dan menurunkan sendiri APK bukan desain KPU.

“Yang terjadi sekarang ini banyak dipasang baliho atau spanduk yang bukan desain dari KPU. Jadi, sudah banyak juga yang kita tertibkan. Kami selalu koordinasi dengan Satpol PP. Kalau ditotal ada tujuh ribuan APK yang kami turunkan,” kata Fajar di Semarang.

Namun demikian, lanjut Fajar, tim kampanye masing-masing paslon masih diperbolehkan memerbanyak APK desain dari KPU dengan batas maksimal 150 persen sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Paslon dimungkinkan bisa menambah APK dengan batasan jumlahnya. Yang penting ikuti aturan yang ada,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDi Zaman Ketika Otot Sudah Diganti Robot, Bagaimanakah ASN Kita?
Artikel selanjutnyaDemokrat Janjikan Kemenangan Untuk Ganjar-Yasin

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini