BPBD Jateng Akan Bangun 100 Hunian Sementara di Palu

Semarang, Idola 92.6 FM – Pemprov Jawa Tengah mengirimkan bantuan dan relawan ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/10). Salah satu tugas dari tim relawan yang diberangkatkan adalah membangun hunian sementara (huntara) untuk warga Palu.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana mengatakan huntara yang akan dibangun itu, berukuran 6×4 meter dan sudah dilengkapi fasilitas mandi, cuci dan kakus (MCK).

Selain pembangunan huntara, jelas Sarwa, fasilitas yang disiapkan adalah instalasi listrik untuk hunian warga.

Menurutnya, pemprov sudah berkoordinasi dengan pihak terkait di Palu. Termasuk, pengiriman mobil tangki untuk membantu distribusi logistik.

Sarwa menjelaskan, dengan tambahan tenaga dari BPBD Jateng yang berangkat ke Palu, masyarakat Palu dan sekitarnya akan dibantu pengaturan pembagian logistik dan sebagainya.

“Kita akan bangun huntara sebanyak 100 unit dengan ukuran 6×4 meter dilengkapi MCK. Itu dananya dari Bank Jateng dan Korpri. Mudah-mudahan besok bisa segera dieksekusi secara cepat. Dinas Kesehatan besok juga akan mendirikan rumah sakit lapangan dengan tenda yang ada dilengkapi dokter dan obat-obatan,” kata Sarwa, Sabtu (6/10).

Sarwa lebih lanjut menjelaskan, selain membangun 100 unit huntara, Dinas Kesehatan Jateng yang ikut berangkat juga akan membangun rumah sakit lapangan. Termasuk penyediaan obat-obatan dan dokter serta perawatnya.

“Kalau untuk bantuan pakaian yang diberikan ke warga Palu, akan dibuka seperti toko biar mereka tidak rebutan,” ujarnya.

Sarwa menjelaskan, seluruh relawan dan bantuan logistik yang dikirimkan menggunakan kapal milik Pelni. (Bud)

Artikel sebelumnyaLewat Media Ketoprak, Dinkes Coba Tekan Angka Kematian Ibu di Jateng
Artikel selanjutnyaMandiri Inhealth Lindungi 2,1 Juta Peserta

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini