Bulog Jateng Siapkan 30 Ribu Ton Beras Untuk Operasi Pasar

Semarang, Idola 92.6 FM – Guna mengendalikan harga beras di Jawa Tengah, Perum Bulog Divisi Regional bersama satuan tugas (Satgas) pangan Polda Jateng dan tim Kementerian Perdagangan menggelar operasi pasar (OP) beras, Selasa (9/1/2018). Operasi pasar beras dimulai dari Gudang Bulog Mangkang Kulon Semarang.

Kepala Perum Bulog Divre Jateng Djoni Nur Ashari mengatakan jumlah beras yang disalurkan untuk operasi pasar pada Januari 2018 di provinsi ini, mencapai 30 ribu ton. Menurutnya, operasi pasar yang digelar itu untuk mengendalikan harga beras dan masyarakat bisa mencukupi kebutuhannya.

Sebab, jelas Djoni, masyarakat mayoritas mengonsumsi beras jenis medium yang saat ini harganya terus mengalami kenaikan. Sedangkan untuk beras jenis premium, cenderung tidak mengalami kenaikan harga dan masih stabil.

“Jateng kita sediakan 30 ribu ton dan diutamakan di 15 pasar pencatat inflasi. Lokasinya di Semarang, Surakarta, Kudus, Cilacap, Banyumas dan Tegal. Tapi, pasar yang lainnya tetap kita pasok beras. Prinsipnya, selama masih terjadi pergerakan harga beras kita tetap operasi pasar,” kata Djoni.

Lebih lanjut Djoni menjelaskan, ketersediaan beras di sejumlah gudang milik Bulog di Jateng sebenarnya masih mencukupi. Sebab, beberapa daerah terutama di wilayah selatan Jateng sudah ada yang melakukan panen. Hanya saja, jumlahnya belum cukup banyak dan panen raya baru terjadi pada Maret 2018 mendatang. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenyoroti Minimnya Kader Parpol Dalam Kontestasi Pilkada 2018
Artikel selanjutnyaResmi, Ganjar-Gus Yasin Resmi Daftar ke KPU Sebagai Pasangan Calon