Dinkes Jepara Forum Germas Siap Ubah Perilaku Sehat Masyarakat Jepara

Semarang, 92.6 FM – Forum Germas yang terdiri dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Jepara, bersiap melakukan perubahan terhadap perilaku hidup hidup sehat bagi masyarakat.

- Advertisement -

Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Adi Bintoro mengatakan Forum Germas memiliki agenda, untuk mencegah penyebaran penyakit di masyarakat. Mulai dari sosialisasi Germas hingga evaluasi terkait perilaku hidup sehat di masyarakat.

Menurutnya, Forum Germas di Jateng harus bisa mewujudkan aksi nyata dalam upaya penyehatan masyarakat.

Adi Bintoro menjelaskan, kegiatan yang dilakukan Forum Germas merupakan cara preventif untuk mencegah penyebaran penyakit dan menjadikan perilaku masyarakat hidup sehat.

“Tugas masing-masing OPD dan masing-masing anggota forum untuk mengingatkan kembali sesuai dengan tupoksinya. OPD yang tergabung dalam Forum Germas ini untuk mengaplikasikan sesuai dengan tupoksinya,” kata Adi Bintoro belum lama ini.

Lebih lanjut Adi Bintoro menjelaskan, Forum Germas memiliki tugas pokok yang harus disosialisasikan kepada masyarakat. Yakni beraktivitas fisik setiap hari minimal 30 hari, konsumsi buah dan sayur, cek kesehatan setiap enam bulan rutin dan menghindari asap rokok serta memberikan ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan.

“Kalau masyarakat Jepara bisa menerapkan hidup bersih dan sehat, maka terhindar dari penyebaran penyakit menular maupun tidak menular,” pungkasnya. (Bud)