Galakkan Energi Terbarukan, PLN Bangun PLT Sampah di TPA Putri Cempo

Semarang, Idola 92.6 FM – Senior Manager General Affair PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah-DIY Audi Damal mengatakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Putri Cempo Surakarta, akan diterapkan teknologi tepat guna untuk bisa menghasilkan energi terbarukan.

Dari sampah-sampah yang sudah dipilah di TPA Putri Cempo itu, jelas Audi, nantinya akan diproses sebagai penggerak tenaga listrik.

Menurutnya, energi listrik yang bisa dihasilkan dari TPA Putri Cempo itu sekira 10 Mega Watt (MW).

Audi menjelaskan, untuk menghasilkan 1 MW listrik, maka diperlukan 10 ton sampah. Sehingga, sampah-sampah yang ada di TPA Putri Cempo bisa didaur ulang menghasilkan energi listrik.

“Yang lagi dikembangkan juga adalah PLT Sampah di Solo. Nanti sampah itu diproses sebagai penggerak tenaga listrik. Bisa untuk 20 ribu pelanggan. Jadi, kita butuh PLT Sampah lainnya,” kata Audi, Jumat (10/11).

lebih lanjut Audi menjelaskan, PLN terus berupaya untuk mengembangkan energi terbarukan tidak hanya dari sampah. Hal itu dilakukan, untuk menggantikan bahan baku utama yaitu bahan bakar minyak (BBM).

Menurutnya, PLN saat ini sudah mengembangkan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) dan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTS). Untuk PLTMH, lanjut Audi, sudah dikembangkan di beberapa wilayah di Jateng.

“Satu PLTMH itu setara dengan 10 MW atau sekira 8 MW. Yang terbaru nanti coba dikembangkan di Tegal, dengan produksi listrik 2×8 MW,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaJateng Butuh Ensiklopedia Yang Memaparkan Data Potensi Secara Nyata
Artikel selanjutnyaRupiah Menguat, Dibya: Harga Rumah Sudah Terlanjur Naik

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini