Ganjar: Sektor Ekonomi Jadi Motor Penggerak Ekonomi Daerah

Banjarnegara, Idola 92.6 FM – Calon Gubernur (Cagub) Ganjar Pranowo ketika melakukan kunjungan ke Kabupaten Banjarnegara menyatakan, jika sektor pariwisata merupakan salah satu roda penggerak perekonomian daerah.

Menurutnya, potensi pariwisata di Banjarnegara juga cukup menarik dikembangkan. Terlebih lagi jika dipadukan dengan daerah-daerah lain di sekitarnya, yaitu Purwokerto, Purbalingga dan Wonosobo.

Bahkan, jelas Ganjar, banyak sektor ekonomi yang ikut bergerak ketika pariwisatanya menggeliat. Sehingga, potensi pariwisata yang ada di Jateng harus bisa dimanfaatkan bagi setiap daerah.

Ganjar menyebutkan, yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan potensi pariwisata di Jateng, terutama pariwisata di wilayah selatan akan disinergikan melalui menghidupkan kembali jalur kereta api. Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedang didekati untuk bisa menghidupkan jalur rel kereta api di wilayah Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara dan Wonosobo.

“Ekonomi Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya yang sangat prospek adalah pariwisatanya. Kita punya potensi yang dasyat, baik alamnya, budayanya dan sebagainya. Sekarang fasilitas di obyek pariwisata juga sedang dibenahi. Saya masih negosiasi dengan Kereta Api, agar rel dihidupkan lagi. Kalau saya bayangkan dari Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara dan Wonosobo relnya hidup lagi bisa jadi tempat wisata terintegrasi sekaligus menjadi moda transportasi masal,” kata Ganjar di Banjarnegara.

Lebih lanjut politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan, upaya lain untuk memaksimalkan potensi pariwisata di selatan Jateng adalah revitalisasi Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga. Rencananya, pengembangan atau revitalisasi bandara di Purbalingga itu bisa diselesaikan dalam waktu setahun. (Bud)

Artikel sebelumnyaKurang Dari 10 Persen UKM Manfaatkan Jualan Lewat Online
Artikel selanjutnyaSudirman Akan Tata Pasar Tradisional Dengan Pasar Modern