Mengenal Sepeda Listrik “Bhineka E-Bike” karya Tim Siswa SMK Panca Bhakti Banjarnegara

Tim SMK Panca Bhakti Banjarnegara
Tim SMK Panca Bhakti Banjarnegara berinovasi membuat sepeda listrik "Bhineka E-Bike". (Photo dok Witra SMK Panca Bhakti)

Banjarnegara, Idola 92.6 FM – Tim siswa SMK Panca Bhakti Banjarnegara Jawa Tengah baru-baru ini berinovasi dengan membuat sepeda listrik. Sepeda listrik yang diberi nama “Bhineka E-Bike” ini digawangi oleh sembilan siswa dari kelas X, yakni Nabil Amartin, Alya Dwi Nova, Fauzian Desta, Gilar Dino, Fitria, Teguh Hartono, Rifky, Aan dan Galang.

Di bawah dua guru pembimbing, Muldiyanto S.Pd MM dan Asep Yogaswara, S.Pd, para siswa merakit sepeda dari sisa praktikum anak-anak jurusan tbsm dan tkro serta barang tidak terpakai untuk baterainya. Karya sepeda listrik ini melibatkan anak-anak dari semua jurusan baik dari jurusan tei (program kelistrikan), dpib (program untuk design), tkj (bagian pemrograman), dan tbsm (bagian perakitan dan spare part).

Sepeda Listrik Bhineka E-Bike
Sepeda listrik “Bhineka E-Bike” karya Tim Siswa SMK Panca Bhakti Banjarnegara bisa melaju dengan kecepatan 20km/jam. Sepeda ini bisa digunakan di gang/jalan perumahan. (Photo dok Witra SMK Panca Bhakti)

Lalu, butuh berapa lama untuk membuat sepeda listrik? Berapa biaya yang dibutuhkan untuk satu unit sepeda listrik? Apakah sepeda listrik karya mereka akan dilempar ke pasaran atau diperjualbelikan?

Selengkapnya, berikut ini perbincangan radio Idola Semarang bersama Nabil Amartin, Siswa Kelas X SMK Panca Bhakti Banjarnegara dan anggota tim sepeda listrik “Bhineka E-Bike”. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaKapolda Pastikan Stok Minyak Goreng Selama Ramadan Cukup
Artikel selanjutnyaMemahami Dihilangkannya Penyebutan Jenjang Satuan Pendidikan dalam Draf RUU Sisdiknas: Apa Plus-Minusnya?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini