Teguh Fajar Santosa, Petani Milenial asal Banjarnegara

Teguh Fajar Santosa
Teguh Fajar Santosa, Petani Milenial dari Desa Ratamba Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Tahun 2023 ini, ia menjadi juara I Pemuda Pelopor Kemenpora RI untuk bidang pangan.(Dok Fajar)

Banjarnegara, Idola 92.6 FM – Meski pada awalnya tak mempunyai bekal ilmu pertanian tetapi sosok satu ini tetap menekuni dunia pertanian hingga sekarang. Bahkan, kegigihannya menekuni profesi petani mengantarkannya menjadi juara I Pemuda Pelopor Kementerian Pemuda dan Olahraga RI 2023 untuk bidang pangan.

Anak muda inspiratif ini adalah Teguh Fajar Santosa, anak muda 20 tahun, petani milenial dari Desa Ratamba Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Dalam kesehariannya, Fajar yang masih berstatus mahasiswa Agribisnis di Universitas Terbuka tersebut menanam wortel, kentang, kubis, cabe dan tanaman lainnya.

Pada awalnya ia tak punya modal. Menggarap lahan tidur milik keluarga bersama orang tuanya, membuat Fajar terus menekuni usaha pertanian. Terlebih panen pertama menghasilkan Rp 15,5 juta dari modal awal sekitar Rp 700 ribu. Tak hanya itu, pada panen berikutnya, Fajar berhasil panen lebih banyak dan menghasilkan cuan lebih banyak.

Teguh Fajar Santosa
Teguh Fajar Santosa, Petani Milenial dari Desa Ratamba Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara di tengah lahan tanaman kentang. Selain menanam kentang, ia juga menanam wortel, kubis, dan cabe.(Dok Fajar)

Menurut Fajar, apa yang dilakukan memang beda dengan petani kebanyakan di desanya. Misal mengurangi penggunaan bahan kimia agar kesuburan tanah tetap terjaga. “Pertama standar operasinoalnya di lahan, ketika orang-orang dulu itu yang penting cepat itu, ketika sekarang anak muda kan lebih kreatif, lebih inovatif, jadi memperhatikan gimana kesuburuan tanah tetap terjaga dengan cara mengurangi penggunaan pestisida dan bahan kimia,”tutur Fajar kepada Radio Idola, pagi (31/10) tadi.

Teguh Fajar Santosa
Teguh Fajar Santosa menyampaikan, dirinya mengurangi penggunaan bahan kimia agar kesuburan tanah tetap terjaga.(Dok Fajar)

Setelah lima tahun mempraktikkan ilmu pertanian yang ia dapatkan, kini ia mulai banyak mempunyai mitra. Bahkan Fajar juga dipercaya untuk menggarap lahan milik petani lain. Hingga kini, luas lahan yang digarap Fajar sekitar 15 hektar.

Lalu, apa cita-cita Fajar untuk terus meningkatkan usaha pertaniannya?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Teguh Fajar Santosa, Petani Milenial dari Desa Ratamba Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: