Ganjar: Tangani Banjir Sayung Dibutuhkan 4 Pompa Penyedot

Demak, Idola 92.6 FM – Kecamatan Sayung di Kabupaten Demak sampai dengan saat ini masih terendam banjir. Calon Gubernur (Cagub) Ganjar Pranowo di sela kampanyenya menyempatkan meninjau ke lokasi banjir, dan menyapa warga sekitar.

Informasi dengan perangkat desa setempat, jelas Ganjar, jika banjir yang menggenang di Kecamatan Sayung terutama di Desa Sayung dan Desa Tambakroto, terjadi hampir setiap tahun di musim hujan. Menurut warga, banjir semakin parah karena banyak sampah yang tersangkut di bawah jembatan penghubung antardesa.

Dari hasil dialog dengan warga, lanjut politikus PDI Perjuangan itu, untuk mengatasi banjir dalam waktu dekat dibutuhkan adanya pompa penyedot. Setidaknya dibutuhkan empat pompa permanen, untuk mengatasi persoalan banjir di Kecamatan Sayung.

“Jangka pendeknya mereka minta pompa. Kurang lebih ada empat pompa. Kalau harganya antara Rp400 jutaan sampai Rp500 jutaan, berarti hampir Rp2 miliaran. Saya akan coba dengan CSR, agar ditangani lebih cepat lagi. Tapi kita juga minta masyarakat tidak buang sampah sembarangan ke sungai, biar tidak menyebabkan banjir,” kata Ganjar saat meninjau banjir di Kecamatan Sayung, Kamis (22/2).

Lebih lanjut mantan anggota DPR RI itu menjelaskan, jika dirinya kembali memimpin Jateng akan dicarikan solusi untuk jangka panjangnya. Salah satunya menggunakan dana bina lingkungan di dalam mengatasi persoalan banjir.

“Kalau pompa air memang perlu, tapi itu jangka pendeknya. Tentu butuh solusi jangka panjang, mengingat lokasi permukiman warga berada di tanah cekungan,” ujarnya. (bud)

Artikel sebelumnyaCurah Hujan Masih Tinggi, Warga Diminta Waspada Bencana Tanah Longsor
Artikel selanjutnyaSudirman: Brebes Siap Jadi Basis Kemenangannya

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini