Ganjar: Wisata dan UMKM Disinergikan Jadi Potensi Unggulan Tarik Wisatawan Mancanegara

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pemprov akan terus memetakan potensi ekonomi yang ada, untuk bangkit dari krisis akibat pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat.

- Advertisement -

Potensi unggulan di Jateng yang bisa mengangkat ekonomi daerah, jelas Ganjar, adalah furnitur, komoditas pertanian berupa kopi, teh dan kakao. Termasuk juga sektor pariwisata di Jateng juga akan digarap serius.

Menurutnya, untuk potensi pariwisata yang dioptimalkan digarap untuk menarik wisatawan mancanegara adalah Karimunjawa dengan keindahan alam pantainya. Selain itu, Gunung Telomoyo dengan hamparan Rawa Pening yang eksotis juga bisa menjadi destinasi wisata andalan baru di Jateng.

“Kalau hari ini kita bicara krisis ekonomi, maka pariwisata Jateng adalah tempat yang bagus untuk mengundang Dollar Amerika masuk ke Indonesia. Atau furnitur. Kan furnitur Jateng juaranya. Dan yang ketiga adalah pertanian, ada kopi dan teh yang kita miliki bisa diekspor. Jadi, ini potensi yang bisa diberdayakan dengan kondisi ekonomi sekarang ini,” kata Ganjar, Jumat (2/11).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pemprov juga akan mengkolaborasikan potensi UMKM dengan sektor pariwisata. Sebab, keduanya bisa memberikan dampak positif untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jateng.

“UMKM dan pariwisata yang saling berkesinambungan akan meningkatkan ekonomi daerah,” tandasnya. (Bud)