Ikan Kaleng Aman Dikonsumsi, DKP Jateng Bagikan Ratusan Kaleng ke Masyarakat Semarang

Semarang, Idola 92.6 FM – Ratusan lebih produk ikan kaleng makarel dibagikan secara gratis kepada masyarakat Kota Semarang, Jumat (6/4). Bahkan, tidak hanya membagikan tetapi juga diikuti dengan makan olahan produk ikan kaleng makarel bersama.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Lalu M. Syafriadi mengatakan melalui kegiatan tersebut, pihaknya ingin memberikan informasi yang benar kepada masyarakat tentang produk ikan kaleng makarel.

Oleh karena itu, jelas Syafriadi, untuk menepis keraguan masyarakat tentang produk olahan ikan kaleng makarel yang disebut mengandung parasit cacing pihaknya mengajak masyarakat kembali mengonsumsi ikan kaleng. Hal itu juga berkaitan dengan upayanya menggalakkan masyarakat gemar makan ikan.

“Kita ingin mempertegas bahwa apa yang diinfokan kepada masyarakat lewat BPOM terkait dengan kandungan cacing yang ada di produk kaleng. Bahwa proses yang dilalui sudah benar, yaitu menerapkan ISO-22000. Di samping itu juga, ini sudah aman karena proses memasak selama empat jam dengan suhu 140 derajat celcius,” kata Lalu.

Sementara, perwakilan dari PT Maya Food sebagai distributor sekaligus produsen dari produk ikan kaleng makarel Botan, Jones Simbolon menambahkan, akibat dari informasi yang beredar belakangan ini membuat proses produksi berhenti. Bahkan, pihaknya juga sempat menarik produk yang sudah beredar di pasaran.

Namun demikian, yang paling dirugikan adalah para pekerja. Karena, hampir 400 karyawan dirumahkan hingga persoalan selesai.

“Dampak daripada itu, akhirnya sampai hari ini kita tetap belum ada kegiatan proses produksi. Kami masih menunggu keputusan dari pemerintah yang menyatakan permasalahan sudah selesai,” ujarnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSudirman Akan Tata Pasar Tradisional Dengan Pasar Modern
Artikel selanjutnyaBagaimana Mendorong Komitmen Politik dari DPR dan Parpol untuk Menghasilkan Pemimpin berkualitas?