Jelang Akhir Tahun, Harga Daging Ayam Ras Mulai Naik

Sekda Jateng Sri Puryono (kanan) dan Kapolda Irjen Pol Condro Kirono saat meninjau Relokasi Pasar Johar, Senin (24/12).

Semarang, Idola 92.6 FM – Harga daging ayam ras menjelang akhir tahun mengalami kenaikan, dalam 2-3 hari terakhir. Hal itu dibenarkan salah satu pedagang daging ayam potong di Relokasi Pasar Johar kompleks MAJT, Widodo.

Menurutnya, harga daging ayam ras sekarang dijual Rp35 ribu-Rp36 ribu per kilogramnya. Padahal 3-4 hari sebelumnya, masih di harga Rp32 ribu-Rp33 ribu per kilogram.

Widodo menjelaskan, kenaikan harga ayam ras ini terjadi karena sentimen pasar dan merupakan harga psikologis menjelang akhir tahun.

“Harga ayam ini 2-3 hari sudah naik. Sekarang Rp36 ribu. Ya naiknya karena mau mendekati Natal dan Tahun Baru. Kalau pasokan masih ada dan permintaan stabil,” kata Widodo, Senin (24/12).

Saat dikonfirmasi di lokasi, Sekda Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan dari hasil pantauan di Relokasi Pasar Johar mayoritas harga pangan mengalami penurunan.

Sedangkan untuk harga ayam ras yang justru naik sementara pasokan dan permintaan stabil, jelas sekda, pihaknya akan melakukan pengkajian di lapangan penyebab naiknya harga daging ayam ras.

“Lha ini perlu dikaji nanti, temen-temen saya dari satgas dan TPID yang akan mengkaji. Saya kira naik Rp2 ribu-Rp3 ribu dalam batas kewajaranlah. Jadi kalau misalnya naik sampai ekstrim sekali, kita akan turun tangan. Bulog juga akan membantu,” ujar sekda.

Sri Puryono yang juga Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jateng menyatakan, tidak hanya harga daging ras yang naik saja tetapi juga harga telur ayam menjadi Rp26 ribu per kilogram. (Bud)

Artikel sebelumnyaKembangkan Layanan, Asuransi Astra Terus Tingkatkan Kepuasan Pelanggan
Artikel selanjutnyaBagaimana Mengatasi Defisit Neraca Dagang dan Menangkal Dampak Buruknya?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini