Pertengahan Ramadan, Harga Ayam Ras Naik 4 Persen

Ilustrasi

Semarang, Idola 92.6 FM – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah menyatakan harga daging ayam ras mengalami kenaikan hampir 4 persen memasuki pertengahan bulan Ramadan.

“Komoditas yang masih menunjukkan tren kenaikan adalah daging ayam ras dan telur ayam ras. Kenaikan harga untuk kedua komoditas itu mencapi 3,62 persen sesuai data dari Sistem Informasi Harga Komoditi,” terang Wakil Ketua TPID Jawa Tengah Iskandar Simorangkir di Semarang, Senin (20/6).

Menurut Iskandar, kondisi itu terjadi karena beberapa waktu sebelumnya terjadi pemusnahan terhadap ayam ras yang dianggap sudah tidak produktif lagi. Sehingga bibit untuk pengembangan ayam ras di Jawa Tengah berkurang.

“Daging ayam ras dan telur ini termasuk komoditas pokok penyumbang inflasi. Namun kalau bicara stoknya, sekarang sudah cukup,” tambahnya.

Lebih lanjut Iskandar yang juga kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah itu menjelaskan, TPID Jawa Tengah akan melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi kenaikan harga yang lebih tinggi yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Upaya yang akna dilakukan, salah satunya dengan menggelar pasar murah secara serentak di 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. (Budi Aries/Diaz abiding/Heri CS)

Artikel sebelumnyaMelalui Pasar Murah Pemprov Jateng Pantau Ketersediaan Pangan
Artikel selanjutnyaBRI-Bank Jateng Sinergikan ATM