Jelang Pilpres 2019, Mabes Polri Terus Awasi Medsos

Semarang, Idola 92.6 FM – Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap konten di media sosial (medsos), baik yang mengarah pada ujaran bernada positif atau negatif. Hal itu ditegaskannya,di sela pengambilan gambar pembuatan film “Pohon Terkenal” di Akademi Kepolisian, Rabu (12/9).

Menurut Setyo, Polri telah melakukan manajemen medsos di Tanah Air melalui tiga subsatker. Yaitu Direktorat Cyber, Direktorat Keamanan Khusus dan Biro Multimedia.

Setyo menjelaskan, khusus Biro Multimedia yang berada di bawah kepemimpinannya, memiliki tugas memantau dan melihat aktivitas medsos. Sehingga, konten di medsos yang bersifat negatif akan diarahkan masuk dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik atau tidak.

Namun demikian, lanjut kadiv humas, pihaknya tetap melakukan langkah pembinaan terhadap para pemilik akun yang memposting hal negatif. Yakni mengimbau untuk segera dihapus, sebelum diambil tindakan hukum.

“Menjelang Pemilu 2019 kita sudah mengantisipasi, bahkan Polri sudah membentuk apa yang disebut Satgas Nusantara. Satgas Nusantara ini mengantisipasi supaya masyarakat sejuk, aman dan damai memasuki gelaran kontestasi pemilihan presiden dan pemilihan legislatif,” kata Setyo.

Setyo lebih lanjut menjelaskan, diprediksi menjelang 2019 nanti akan banyak konten hoax dan ujaran kebencian di dunia maya maupun di dunia nyata. Sehingga, masyarakat perlu diedukasi untuk tidak mudah terpancing dengan hal-hal yang kurang atau menimbulkan perpecahan. (Bud)

Artikel sebelumnyaMembaca Peta Kekeringan dan Antisipasi Dampak Musim Kemarau
Artikel selanjutnyaLewat ABCDE, Warga Dikenalkan Pola Hidup Sehat