Jelang Puasa, Harga Kepokmas Masih Aman

Semarang, Idola 92.6 FM – Kurang dari sebulan memasuki Ramadan, harga dan stok kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) mendapat pemantauan dari pemerintah.

Hasilnya, harga kebutuhan pokok di masyarakat sebelum memasuki bulan Ramadan, masih belum terjadi kenaikan. Bahkan, stok kebutuhan pangan juga masih terjaga pasokannya.

Masih stabilnya harga kebutuhan pokok masyarakat itu diakui pedagang ayam di Relokasi Pasar Johar Semarang, Widodo.

Menurutnya, untuk saat ini harga ayam potong berkisar antara Rp31 ribu sampai Rp32 ribu per kilogram. Harga tersebut belum mengalami kenaikan sejak awal tahun kemarin.

Namun demikian, untuk harga psikologis ayam potong akan naik ketika masuk bulan puasa dan di pekan kedua akan turun kembali.

“Saat ini harga stabil dan belum ada kenaikan. Biasanya menjelangg puasa naik sebentar terus turun lagi dan naik pas Lebaran. Kalau naik biasanya berkisar Rp1.000-Rp2 ribu per kilogram. Saat ini harganya Rp31 ribu-Rp32 ribu per kilogram,” kata Widodo.

Belum adanya kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat juga diakui pedagang lainnya, yaitu pedagang cabai, Yadi.

Menurutnya, komoditas cabai yang dijual di Relokasi Pasar Johar Semarang berasal dari sejumlah daerah. Sehingga, ia meyakini jika stok cabai terus terjaga sampai Lebaran mendatang.

“Yang turun cabai rawit merah dan rawit hijau. Pasokannya dari Blitar, Temanggung dan Wonosobo. Saat ini tidak masalah dipasokan, kenaikan harga juga belum terjadi. Jadi, sampai Lebaran masih amanlah,” ujarnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMemaknai Geopolitik Hubungan Korut-Korsel, Mampukah Mewujudkan Perdamaian Abadi di Semenanjung Korea?
Artikel selanjutnyaKPU Pastikan Logistik Pilgub 2018 Siap Sebulan Sebelum Hari Pencoblosan