Jokowi-Maruf Dipandang Perpaduan Nasionalis-Religius Yang Ideal

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah K.H Ahmad Darodji mengatakan pasangan Joko Widodo-K.H Ma’ruf Amin adalah pasangan yang mewakili kaum nasionalis dan religius, dan ideal sebagai perwakilan maju di ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Menurutnya, sebagai perwakilan nasionalis dan religius, maka keduanya sudah on the track atau berjalan pada koridor yang benar.

Darodji menjelaskan, Presiden Jokowi merupakan seorang nasionalis yang baik karena juga muslim baik. Demikian juga Kiai Ma’ruf Amin adalah ulama yang jiwa Indonesianya betul-betul nasionalis tulen.

“Sehingga di sini seharusnya nanti, dikotomi antara ulama dan umara itu harus semakin tipis. Bahkan, kalau bisa itu tidak ada dikotomi lagi. Seorang ulama yang benar ya ulama Indonesia itu adalah negarawan. Seorang yang dikatakan nasionalis itu juga dia orang religius, dan percaya pada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Darodji saat ditemui di kantornya, Jumat (10/8).

Lebih lanjut Darodji menjelaskan, sebagai seorang ulama yang menjadi panutan, maka tidak boleh menyendiri atau mengasingkan diri dan tidak mau tahu tentang Pancasila.

“Dengan terpilihnya Kiai Ma’ruf Amin, dalam tanda petik mewakili ulama. Jadi, hendaknya dikotomi semakin dipertipis. Seorang ulama harus nasionalis yang baik dan orang nasional juga harus religius,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSWADAYA Go-Jek Berikan Mitra Drivernya Sejumlah Kemudahan
Artikel selanjutnyaCegah dan Tanggulangi HIV/AIDS di Lingkungan Kerja, Pertamina MOR IV Diganjar K3 Awards 2018

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini