Kapolda Kerahkan Personel Amankan Puncak Peringatan Haornas di Solo

Semarang, Idola 92.6 FM – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan pihaknya siap untuk mengamankan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada Minggu (9/9) besok di Kota Barat, Kota Surakarta.

Condro Kirono menyatakan, pihaknya sudah mendapatkan permohonan izin pelaksanaan peringatan Haornas dari Pemkot Surakarta, dan siap untuk memberikan pengamanan selama kegiatan berlangsung.

Menurut kapolda, puncak peringatan Haornas pada tahun ini akan semakin meriah, karena melibatkan 58 atlet asal Jateng yang berlaga di Asian Games XVIII 2018 di Jakarta-Palembang kemarin. Termasuk, beberapa atlet yang mampu menyumbangkan medali emas bagi Indonesia.

Condro menjelaskan, pihaknya tidak akan mentolerir bagi pihak-pihak yang akan menunggangi atau membuat kerusuhan saat berlangsungnya puncak peringatan Haornas tingkat Jateng di Solo tersebut.

“Bahwa Kota Barat dan akses di sekitarnya itu akan digunakan Pemkot dan warga Solo untuk memeringati Haornas, sekaligus ada kegiatan arak-arakan pahlawan Asian Games asal Jateng keliling kota. Lokasi itu akan kita amankan, dan selain yang dapat izin dari kita ya kita akan bubarkan atau tidak berikan akses masuk ke situ,” kata kapolda, Sabtu (8/9).

Condro lebih lanjut menjelaskan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan aparat keamanan yang ada di wilayah Solo Raya untuk ikut memberi pengamanan di sekitar Kota Barat tempat berlangsungnya acara.

“Kamii tidak akan memberikan akses bagi siapapun yang ingin menyusupi kegiatan olahraga dan hiburan bagi warga Solo bernuansa politik dan berpotensi menimbulkan gesekan,” tandasnya. (Bud)