Kapolda Kerahkan Puluhan Ribu Anggota Amankan Pilkada Jateng 2018

Semarang, Idola 92.6 FM – Guna mengamankan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Tengah, Polda Jateng mengerahkan 21.506 personel dan dibantu enam ribu personel TNI serta 13 ribu personel perlindungan masyarakat (Linmas) yang menjaga tempat pemungutan suara (TPS). Sebagai bentuk kesiapan menghadapi pilkada, semua personel diapelkan di Lapangan Simpang Lima Semarang, Jumat (5/1/2018).

Kapolda Irjen Pol Condro Kirono mengatakan di Jawa Tengah pada tahun ini, akan digelar delapan pilkada serentak. Satu pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta tujuh pilkada kabupaten/kota di Jawa Tengah. Ketujuh kabupaten/kota yang menggelar pilkada bersamaan dengan provinsi adalah Kabupaten/Kota Tegal, Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus dan Karanganyar.

Kapolda berpesan kepada para penyelenggara pilkada di Jawa Tengah, untuk bisa menjalankan tugasnya sebaik-baiknya dan bersifat netral serta adil. Sehingga, mampu menghasilkan pilkada yang berkualitas.

“Penyelenggaranya, baik itu KPU atau Bawaslu dari tingkat provinsi maupun tingkat kecamatan harus netral, harus adil dan harus profesional. Kita tahu, semakin penyelenggaranya ke tingkat bawah yang sifatnya sementara berpotensi bisa ditarik-tarik pihak berkepentingan dan mengarah penyimpangan,” kata kapolda.

Lebih lanjut perwira bintang dua itu juga mengingatkan kepada jajarannya dan personel TNI, untuk selalu memegang teguh netralitas TNI/Polri. Sebab, di dalam undang-undang TNI/Polri juga sudah secara tegas mengatur netralitas anggota. (Bud)

Artikel sebelumnyaMemperkuat Kerja Bersama Untuk Mengatasi Ketimpangan Yang Masih Mencemaskan
Artikel selanjutnyaInvestor Saham di Semarang Naik 20 Persen Sepanjang 2017