Kapolda: Netralitas Selama Pemilu 2019 Harus Dijaga

Semarang, Idola 92.6 FM – Seluruh anggota Polri dan TNI, diminta tetap menjaga netralitas selama pengamanan dan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Hal itu kembali diingatkan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, usai menggelar apel pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2018 di Lapangan Simpang Lima Semarang, Rabu (19/9).

Menurut kapolda, personel Polri dan TNI sudah membuktikan netralitasnya saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Jateng belum lama ini. Sehingga, event politik di Jateng kemarin menjadi modal dasar untuk pelaksanaan pengamanan Pemilu 2019.

Condro menjelaskan, tidak hanya aparat penegak hukum saja yang berkomitmen menjaga iklim kondusif di Jateng, tapi juga para pengurus partai politik (parpol) di Jateng. Termasuk, para calon anggota legislatif (caleg) dan para tim suksesnya untuk bisa mendukung Pemilu 2019 yang damai.

“Kita sama-sama berkomitmen ikrar netralitas, karena kita harus berdiri di semua golongan dan elemen masyarakat. Sehingga, netralitas TNI/Polri yang dibacakan saat apel itu mutlak dan ini menjadi roh bagi pelaksanaan tugas mereka selanjutnya,” kata kapolda.

Condro Kirono menjelaskan, untuk pengamanan Pemilu 2019 itu, Polda Jateng mengerahkan 21.980 anggota polisi dan ditambah sembilan ribuan personel TNI dari Kodam IV/Diponegoro. (Bud)

Artikel sebelumnyaBPJS Kesehatan Jamin Layanan Cuci Darah Peserta JKN-KIS Makin Mudah
Artikel selanjutnyaDinkes dan DPRD Semarang Ajak Warga Bangetayu Tanda Tangani Komitmen Pelaksanaan Germas