Kartu Tani Banyak Dikeluhkan, Sudirman Akan Ganti Dengan Program Tani Mandiri

Blora, Idola 92.6 FM – Calon Gubernur (Cagub) Sudirman Said akan merevisi program Kartu Tani di Jawa Tengah. Hal itu dikatakannya, dalam setiap petemuan dengan sejumlah kelompok petani yang ada di Jateng.

Menurut Sudirman, dari hasil pertemuan dengan kelompok petani di provinsi ini selalu muncul keluhan yang sama tentang pelaksanaan Kartu Tani. Sehingga, Kartu Tani bukannya menguntungkan dan memudahkan tetapi malah menyulitkan petani.

Mantan menteri ESDM itu menjelaskan, sejak berkeliling Jateng dari Kabupaten Sragen sampai dengan Banyumas dan dari Rembang sampai Temanggung selalu mengeluhkan tentang Kartu Tani.

Oleh karena itu, lanjut Sudirman, program Kartu Tani akan diganti dengan program Tani Mandiri.

“Jadi kartu tani nanti kita revisi total, supaya masyarakat petani tidak trauma lagi. Sehingga, kita ganti menjadi program tani mandiri. Teknologinya kita cari yang petani itu bersahabat, dan kalau memang belum siap dengan cashless transaktion ya cari jalan lain. Solusi itu akan selalu ada kalau kita punya niat untuk menanganinya,” kata Sudirman, kemarin.

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, dengan program Tani Mandiri itu akan memberi jaminan terhadap ketersediaan bibit dan pupuk hingga stabilisasi harga komoditas pertanian. (Bud)

Artikel sebelumnyaLewat Skim Kredit Ringan, Ganjar Akan Bantu Nelayan Ganti Alat Tangkap
Artikel selanjutnyaMenyiapkan Generasi Unggul agar Mampu Bersaing di Zaman Kreatif