Lewat Skim Kredit Ringan, Ganjar Akan Bantu Nelayan Ganti Alat Tangkap

Rembang, Idola 92.6 FM – Nelayan-nelayan kecil yang belum beralih ke alat tangkap ikan ramah lingkungan, akan coba difasilitasi Calon Gubernur (Cagub) Ganjar Pranowo. Dirinya berjanji akan mencarikan solusi bagi para nelayan yang masih menggunakan jaring sotok, untuk beralih ke jaring ramah lingkungan sesuai dengan anjuran dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Menurut Ganjar, solusi yang akan coba ditawarkan kepada nelayan sotok dengan pembantuan kredit permodalan dari perbankan. Salah satunya, dengan skema kredit yang ringan dan bisa dijangkau nelayan kecil.

“Sebenarnya tidak hanya penegakan kapal sotok, tapi juga akses permodalan yang sampai hari ini masih dibutuhkan masyarakat nelayan. Saya akan coba dengan skema kredit yang mudah dan jaminan yang dimiliki nelayan bisa mengakses ke perbankan. Kalau memang bisa ya akan coba dengan memanfaatkan skim dari Bank Jateng,” kata Ganjar, kemarin.

Selain itu, lanjut Ganjar, upaya lainnya adalah dengan menggeser fungsi Kartu Tani menjadi Kartu Nelayan, agar bisa diketahui pasti jumlah nelayan di Jateng.

“Dengan diketahuinya jumlah nelayan sesuai klasifikasinya, maka bisa disusun kebijakan yang tepat. Termasuk, soal subsidinya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBaliho Besar Disiapkan KPU di Setiap Daerah Untuk Pilgub Jateng
Artikel selanjutnyaKartu Tani Banyak Dikeluhkan, Sudirman Akan Ganti Dengan Program Tani Mandiri
Wartawan senior Radio Idola Semarang.