Kasus Tumpahan Minyak di Perairan Balikpapan, Jonan: Kita Tunggu Hasil Investigasinya Seperti Apa

Ungaran, Idola 92.6 FM – Kementerian ESDM masih menunggu hasil investigasi final yang dilakukan kepolisian setempat bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Menteri ESDM Ignatius Jonan mengatakan pihaknya belum bisa mengambil tindakan, karena masih menunggu penyebab pasti terjadinya tumpahan minyak di Teluk Balikpapan, Sabtu (31/3).

Menurutnya, penyebab tumpahan minyak di perairan Balikpapan itu bisa karena berbagai hal. Mulai dari pipa pecah sendiri, pipa sudah tua atau adanya gangguan lain. Namun demikian, pihaknya tetap menunggu hasil akhir dari investigasi yang dilakukan instansi terkait.

Apabila hasil investigasi dari kepolisian dan Kementerian LHK sudah keluar, jelas Jonan, maka akan diambil tindakan sesuai dengan penyebab pasti terjadinya kasus tumpahan minyak di perairan Balikpapan tersebut.

“Kementerian ESDM menunggu hasil investigasi final yang dilakukan kepolisia bersama Kementerian LHK. Jadi, yang mesti dicari itu penyebab sampai ada tumpahan minyak itu apa. Pasti, tumpahan minyak itu karena pipa pecah. Pipa yang di bawah laut pecah, pecahnya kenapa, lha ini yang pengen kita lihat dulu,” kata Jonan di Ungaran.

Lebih lanjut mantan menteri perhubungan itu menjelaskan, pihaknya tidak ingin berasumsi yang bisa memengaruhi investigasi. Sehingga, sanksi akan diberikan kepada pihak yang bertanggungjawab setelah investigasi selesai dilakukan.

“Lha itu sampai sekarang hasil investigasinya belum ada. Kalau nanti hasil investigasi keluar, kita ambil tindakan sesuai dengan penyebabnya itu apa,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGempa Banjarnegara, PLN Turunkan Tim Perbaiki Infrastruktur Listrik
Artikel selanjutnyaJonan Minta Pertamina Salurkan Lagi Premium ke Jamali