Kekeringan Mulai Meluas, Sejumlah Daerah Lakukan Droping Air Bersih

Semarang, Idola 92.6 FM – Jumlah daerah yang mengalami kekeringan di Jawa Tengah, pada tahun ini terus meluas.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan sampai dengan saat ini, tercatat ada 29 kabupaten/kota di provinsi ini mengalami bencana kekeringan. Jumlah tersebut bertambah, dari sebelumnya hanya 15 kabupaten/kota saja.

Sarwa menjelaskan, ada beberapa daerah yang di tahun sebelumnya tidak pernah mengalami kekeringan sekarang melakukan droping air bersih ke warganya. Misalnya Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, yang baru tahun ini mengalami kekeringan.

“Total kalau bicara Jawa Tengah sudah di 169 kecamatan dan 573 desa, serta yang sudah tersalurkan 4.884 tangki air atau setara 24.420.000 liter,” kata Sarwa, Senin (27/8).

Lebih lanjut Sarwa menjelaskan, para kepala daerah di Jateng diharapkan bisa mencari solusi jangka panjang untuk mengatasi kekeringan setiap tahunnya. Karena, upaya droping hanya sementara saja dan tidak bisa dirasakan manfaatnya jangka panjang.

“Program permanen untuk mengatasi kekeringan juga harus dipikirkan secara serius, dengan mengalokasikan anggaran. Misalnya, pengangkatan sumber mata air dengan debit tidak pernah surut di musim kemarau ke wilayah permukiman,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaJelang Pemilu, Beban RUU Menumpuk, Mampukah DPR Mengatasinya?
Artikel selanjutnyaIngat CERDIK, Maka Jauh Dari Penyakit Tidak Menular

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini