Lewat Program Sosial Bank Indonesia, Dorong Perkembangan Desa Wisata Candirejo

Magelang, Idola 92.6 FM – Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan sektor pariwisata menjadi sektor paling potensial, di dalam mendongkrak perekonomian daerah sekitar. Karena, dengan sektor pariwisata yang berkembang akan menarik minat para wisatawan datang.

Menurutnya, Bank Indonesia tidak tinggal diam di dalam memajukan dan mendorong perkembangan pariwisata di Tanah Air.

Mirza menjelaskan, pihaknya memberikan apresiasi dan atensi kepada Desa Wisata Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang sebagai desa wisata yang berada di sekitar Candi Borobudur. Sebab, mampu menggaet wisatawan mancanegara cukup banyak per tahunnya. Yakni lewat Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), dengan pembangunan sarana dan fasilitas serta pembangunan MCK komunal dan pembangunan tempat sampah permanen.

“Kegiatan di Desa Candirejo ini mendorong kegiatan pariwisatanya di sekitar Borobudur, karena desa pariwisata ini sudah jalan dan turisnya sudah tujuh ribuan yang datang. Kebanyakan adalah turis mancanegara,” kata Mirza di sela pemberian bantuan PSBI, Rabu (29/8).

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo menambahkan, pihaknya terus memberdayakan ekonomi desa wisata dan meningkatkan peranan wanita serta generasi muda sekitar.

“Memang untuk tahun ini sudah beberapa tempat yang kita berikan bantuan, ada 3-4 tempat. Ini memang rutin kita kerjakan. Fokusnya disesuaikan dengan permasalahan yang timbul, misal di Desa Candirejo kita benahi MCK-nya karena ini banyak dikeluhkan wisatawan. Harapannya tentu saja, wisatawan makin banyak yang datang dan semkin betah di Desa Candirejo,” ujarnya.

Lebih lanjut Ponco menjelaskan, dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan maka akan menambah kas desa menumbuhkan kelompok usaha baru. (Bud)

Artikel sebelumnyaMafia Peradilan Masih Marak, Apa yang Terjadi dengan Lembaga Peradilan?
Artikel selanjutnyaTPS Pemilu 2019 di Jateng Naik 2 Kali Lipat Dibanding Pilgub 2018

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini