Mulai Arus Balik, Kapolda Antar Pemudik Dari Gerbang Tol Colomadu

Salatiga, Idola 92.6 FM-Jalan tol fungsional dibuka untuk arus balik menuju Jakarta,Senin (18/6). Hal itu ditegaskan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, saat mengantar para pemudik kembali ke kota asalnya di Gerbang Tol Colomadu dalam acara “Launching Arus Mudik Ruas Tol Fungsional Salatiga-Colomadu”.

Menurut kapolda, arus balik dimulai dari Gerbang Tol Colomadu dan ditandai pembuka ruas tol fungsional khusus untuk arus balik saja atau satu arah.

Condro menjelaskan, selama digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran, tol fungsional sementara baru bisa dilintasi kendaraan kecil saja. Hal itu dilakukan, karena jalur yang digunakan masih bersifat darurat belum permanen.

Jenderal bintang dua ini menyebutkan, untuk melayani para pemudik yang melakukan perjalanan balik ke kota asal, ruas tol fungsional akan dibuka sampai 24 jam tergantung kebutuhan di lapangan. Sehingga, bila sudah terjadi penurunan volume pemudik, maka tidak sampai 24 jam.

“Kita siapkan untuk pengamanan dan pengawalan. Pengamanan 1×24 jam dan rest area juga 1×24 jam. Kalau memang pemudik padat, ya kita buka 1×24 jam. Kita akan gunakan sampai 24 Juni nanti,” kata kapolda.

Lebih lanjut Condro menjelaskan, lepas dari ruas tol fungsional dari arah Colomadu ke Salatiga dan masuk tol operasional Salatiga-Semarang yang menjadi perhatian adalah Gerbang Tol Banyumanik. Sehingga, pihaknya meminta pengelola jalan tol untuk memerbanyak gardu transaksi.

“Di Banyumanik itu ada gerbang transaksi, tapi gate-nya sudah dibuka sembilan. Kemudian ada yang mobile, jalan kaki menjemput transaksi,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDie Mannschaft Vs El Tri
Artikel selanjutnyaKapolda Jateng Imbau Pemudik Tidak Balik Bersamaan